5 Media promosi jualan paling efektif yang harus di kuasai

Seiring perkembangan jaman di era global sekarang banyak sekali media online yang bisa kita gunakan sebagai tempat promosi produk yang kita jual. Tanpa harus berkeliling memasarkan jasa dan produk, mencari user dari pintu ke pintu. Belum lagi kalo hujan pasti terhambat, dan kalo panas membuat kita lelah. "Bener kan?"

Dulu orang jika ingin punya usaha harus menyediakan modal cukup besar untuk sewa tempat, stok barang, bayar untuk buat brosur dll.
Sekarang cukup punya smartphone dan kuota internet saja, semua bisa jadi pengusaha.
Nah ngga mau ketinggalan kan sama mereka yang sudah mulai online? yuk kita juga bisa mulai dari sekaran.

Berikut ini saya rekomendasikan 5 Media Promosi Wajib yang kita bisa gunakan untuk tembus Sejuta Sehari dari Jualan Online

1. Facebook

Tersebab penggunanya yang menembus ratusan juta orang dan cara menggunakannya yang mudah, banyak kemudian menjadikan facebook sebagai media marketing yang sangat efektif.
Hanya saja, karena facebook pada dasarnya bukanlah media untuk jualan sehingga banyak yang gagal menghasilkan closingan.
Saran saya pelajari polanya yang tepat, jika kita memahaminya maka Facebook merupakan tempat yang tepat untuk membangun personal branding, memperbanyak prospek bahkan menggandakan tim penjualan. 

2. Instagram

Sejak awal sosial media ini memang jadi primadona, sehingga tak ayal jika penggunanya juga menembus angka ratusan juta di Indonesia sendiri.
Facebook pun tak menyia-nyiakan hal ini dan membelinya pada tahun 2012 silam.
Karena media ini fokus di visual, yaitu gambar, foto atau grafik maka strategi penjualannya pun menggunakan teknik visual.

Kita bisa memanfaatkan aplikasi desain visual untuk membuat desain yang apik atau menggunakan kamera handphone bahkan DSLR untuk menghasilkan foto produk yang bagus untuk dipasang di IG Kaka.
Gunakan juga hashtag populer untuk memudahkan orang dalam menemukan postingan produk kita. 

3. Whatsapp

Whatsapp salah satu media chatting yang digunakan oleh banyak masyarakat kekinian.
Bahkan semenjak ada Whatsapp, media komunikasi pesan singkat bergeser dari SMS dan BBM kini orang lebih suka pakai aplikasi yang biasa di sebut dengan singkatan WA (we'a).
Hanya menggunakan paket data yang hemat, tidak ada iklan, pengirimannya cepat, tersambung dengan kontak handphone, menyimpan kontak tak terbatas, mudah untuk broadcast dan masih banyak kelebihan lainnya dibandingkan SMS dan BBM. 

Whatsapp juga karena sifatnya fast respond, banyak digunakan para pebisnis sebagai media untuk bertransaksi lebih lanjut dari social media.
Mulai dari edukasi produk, melakukan penawaran, negosiasi, follow up hingga closing bisa dilakukan di whatsapp. 

Di Media ini, karena penyampaiannya dalam bentuk teks maka teknik yang paling ampuh digunakan adalah copywriting dan teknik closing. 

4. Email marketing

Selain no handphone, database berikutnya yang penting dan awet digunakan adalah alamat email.
Sekarang hampir semua social media atau social messenger mewajibkan pemiliknya mempunyai akun email. Sehingga email marketing termasuk sarana yang harus di maksimalkan untuk menghasilkan banyak penjualan. 

Oleh karena itu mulai dari sekarang, sebaiknya kita mulai mengumpulkan alamat email dari calon prospek.
Kita bisa menukarnya dengan lead magnet yang kita tawarkan di Sosial media, bisa berupa ebook, video webinar, kupon diskon, sharing materi dll.
Strategi dalam menggunakan email marketing, masih berkutat di sharing materi, bermain copywriting dan teknik closing. 

5. PAID TRAFFIC

Media terakhir yang bisa maksimalkan adalah Paid Traffic, atau Media Berbayar.
Jika sebelumnya kita media organic, alias gratisan sekarang kita akan membahas yang memerlukan biaya untuk menjalankannya.
Mungkin kita sudah sering mendengar istilah Facebook Ads, Instagram Ads, Google AdWords, Buzzer dan lain-lain. 

Media-media tersebut sangat ampuh memperbanyak prospek, menambah database bahkan meningkatkan penjualan dalam waktu relatif singkat dibanding media organic.
Hanya saja kita memerlukan modal biaya di awal, besarnya variatif tergantung besaran budget tersedia atau jangkauan yang kita tentukan. 
Tentunya semakin banyak biaya yang kita keluarkan, semakin besar jangkauan iklan kita tersebar.

Nah itu dia 5 Media promosi jualan paling efektif yang harus di kuasai. Untuk awalan kita bisa mengunakan Facebook dan Instagram saja dulu, kuasai sampai menghasilkan. Kalo sudah terkuasai, amak lanjut belajar ke media lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasukan Nomor Rekening Ke Akun Shopee

Cara Mudah Membuat Akun Shopee Dengan No Handphone